Saturday, February 12, 2011

SEO?? Search Engine Optimization

SEO?? Apaan tu?? @_@

SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization, atau kalau dalam "bahasa ibu kita" artinya Optimasi Mesin Pencarian. Kalau pengertian panjangnya, SEO itu berarti kita melakukan optimasi website agar ditampilkan pada halaman utama / halaman atas pada search engine bila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine dan kemudian akan ditampilkan list halaman yang memuat website-website yang sesuai dengan kata pencarian yang kita inputkan.

SEO merupakan suatu hal yang dapat dilakukan oleh seorang webmaster (pemilik website atau blog) baik melakukan optimasi dari sisi internal maupun dari sisi eksternal agar website bisa ditampilkan pada halaman utama sesuai dengan kata pencarian yang diincar. Biasanya sebagai pemilik website kita menargetkan halaman website kita akan muncul pada maksimal 5 halaman hasil pencarian, atau akan lebih bagus lagi jika kita menargetkan halaman website kita muncul pada tampil pada halaman 1 atau halaman 2 hasil pencarian. Karena pada umumnya seseorang yang sedang mencari informasi pada suatu search engine hanya akan antusias mencari suatu informasi sampai pada halaman 2 hasil pencarian.

Target utama yang diincar dari SEO adalah traffic yang diberikan dari search engine. Traffic SEO merupakan jumlah kunjungan yang didapat dari search engine, jadi seseorang yang mencari informasi pada search engine, kemudian ditampilkan halaman website kita, kemudian mereka akan mengklik website kita, dan membuka halaman website kita.

Dari traffic yang dihasilkan diharapkan dapat dikonversi manjadi penjualan untuk website yang menjual produk secara offline. Dan traffic yang dihasilkan dari search engine tersebut merupakan "targetted traffic", "Targetted" karena pengunjung memang mencari informasi yang ditampilkan pada website kita.

Tips-tips SEO

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengoptimasi website kita, diantaranya adalah:
  1. Content, isi dari website kita harus memuat banyak kunci pencarian sesuai dengan kata kunci pencarian yang dibidik.
  2. Back Link, merupakan link website kita yang ditampilkan pada website orang lain. Kualitas back link bisa mempengaruhi page rank website kita, semakin tinggi page rank maka search engine menilai website kita memuat content website yang berkualitas untuk ditampilkan pada hasil pencarian.
  3. Domain, dalam pemilihannama domain kita pertama kali, usahakan agar terdapat keyword pada domain kita.
  4. Title dan Meta tags, kita perlu membuat title dan meta tags yang memuat kata kunci pencarian yang kita bidik. Untuk membuat code title dan metatags kita bisa menggunakan http://freewebsubmission.com/meta-tags.html atau yang lainnya.
  5. Sitemaps, merupakan halaman yang menampilkan peta link pada website kita. sitemaps memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi website dan mengupdate setiap perubahan yang terjadi di website kita pada database search engine. Untuk membuat sitemaps kita bisa menggunakan http://www.xml-sitemaps.com/ atau yang lainnya.
  6. Natural listing, merupakan kegiatan mandaftarkan website kita pada search engine. Ada 4 buah search engine direktori utama dimana kita bisa mendaftarkan website kita, yaitu :
  • Google.com melalui http://www.gogle.com/addurl
  • Yahoo.com melalui http://www.submit.search.yahoo.com
  • MSN.com melalui http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
  • Dmoz.org melalui http://www.dmoz.org
"White Hat" dan " Black Hat"

Akhir-akhir ini ada istilah "White Hat" dan "Black Hat" yang sering dikaitkan dengan SEO.

White Hat adalah Optimasi suatu keyword sesuai yang dianjurkan TOS (Terms of Sevice) search engine, yaitu menerapkan cara-cara natural dengan proses offpage dan onpage optimization natural menggunakan proses backlinking standar, normal, dan tanpa rekayasa.

Kalau kita lihat www.detik.com adalah website yang memberikan berita terkini yang diupdate hampir setiap menit. Pengunjung ke website ini akan mendapatkan manfaat dengan berita-berita yang terlalu. Lalu ada Google, yang merupakan sebuah search engine yang menberikan manfaat kepada orang-orang yang sedang mencari informasi apapun.

Black Hat adalah Optimasi suatu keyword menggunakan cara-cara yang tidak sesuai dengan TOS search engine, biasanya menggunakan bantuan software-software tertentu dan script0script yang dirancang khusus untuk black hat.

Biasanya black hat digunakan oleh mereka yang membuat website namun isinya hampir tidak ada apa-apanya, tetapi di website tersebut diisi dengan halaman yang penuh dengan iklan Adsense atau affiliate link mereka untuk menawarkan sebuah produk yang mereka pasarkan.

Website-website seperti ini tidak memberi nilai tambah kepada pengunjung. Pemilik website hanya berharap ada yang mengklik iklan Adsense pada website mereka atau membeli affiliate produk yang mereka pasarkan. Pengunjung yang datang ke website seperti ini biasanya datang dari search engine seperti Google, Yahoo, dll. Namun biasanya, black hat website hanaya akan mampu bertahan selama 1 - bulan saja di search engine.

Berikut ini adalah nilai positif dan negatif dari Black Hat dan White Hat :

No comments:

Post a Comment