Wednesday, April 06, 2011

Review : Ciciero Bags a.k.a akusuka.com

MMm.. Mulai dari mana ya.,., Sebelumnya sempet nge-twitter-an sama cicierobags bwat ijin ngeriview halaman akusukatas-nya. Lebih tepatnya bukan ijin si, cuma berwacana akan me-review halaman web-nya akusukatas.
Sebenernya review ini betujuan bukan buat mengkritik (ini dijalankan untuk memenuhi panggilan tugas menyelesaikan MatKul IMK).,., Kalo yang baik-baik mudah2an biasa jadi masukan yang positif buat pihak akusukatas dan mudah2 tidak ada pernyataan yang menyinggung pihak manapun.

Sebenernya sempet bingung juga sebelumnya, mau diulas dari segi apa ya halaman web e-Commerce ini. Tapi setelah berbincang-bincang dengan saudari Anela dan menyadari bahwa paling enak kalau mengulas sebuah e-Commerce itu kita lihat sisi tipe penggunanya.

Tapi sebelum kita mereview isi dari halaman akusukatas ada baiknya jika kita berkenalan dulu sama akusukatas atau Ciciero Bags. Pasti muncul dibenak pembaca, "Siapa sih CICIERO???" Kok sampe penulis mengusulkan akusukatas sebagai salah satu halaman web yang akan diulas sebagai Tugas Akhir IMK.

CICIERO BAGS

Ciciero adalah sebuah perusahaan Indonesia yang pertama kali memulai untuk merancang dan menjual tas. Dimana tas yang diproduksi adalah tas yang mencerminkan gaya perempuan Indonesia untuk menikmati kehidupan sehari-hari mereka. Ciciero dibangun petama kali pada tahun 2008, dari semangat untuk merancang tas untuk teman dan kerabat, kemudian mulai merintis usahanya dengan cara menjualnya secara online melalui nternet.

Sebuah keputusan yang baik yang dibuat, jadi di sini Ciciero sampai sekarang, memberikan tas yang menyertai gaya hidup wanita Indonesia sambil menikmati kegiatan sehari-hari mereka. Semua tas dibuat di Indonesia, dengan menggunakan kulit sintetis, tetapi kualitas tertinggi. Hal ini yang membuat customer dari Ciciero semakin banyak dan tersebar di berbagai belahan dunia.


Mungkin kenalannya cukup segitu dulu, siapa tau dengan membaca review berikut kita bisa lebih mengenal siapa itu CICIERO. Nah, sekarang langsung aja kita kupas tuntas halaman akusukatas.com dari berbagai sisi pengguna-nya.

Tipe pengguna yang akan kita ulas nantinya akan ada 4 tipe pengguna, diantaranya :

1. Browser

Pada sisi Browser seorang pengunjung akan melakukan Wandering, pada kegiatan ini pengunjung hanya melakukan lihat-lihat biasa pada akusukatas yang akan dikunjungi tanpa tujuan yang jelas yang akhirnya akan menjadi memiliki tujuan saat mengujungi akusukatas.
Hal tersebut langsung tersedia pada akusukatas, saat pengunjung mengakses halaman akusukatas maka akan langsung muncul halaman HOME yang menampilkan gambar dari produk terbaru akusukatas. Karena memang biasanya calon membeli selalu tertarik dengan barang-barang yang NEW ARRIVAL, maka langkah ini tepat. Terkadang pada halaman HOME juga ditampilkan barang-barang yang sedang PROMO. Hmmm.,., yang namanya kaum hawa, kalo udah liat yang namanya PROMO pasti jadi makin semangat buat browsing-browsing. Apalagi halaman promonya tidak hanya disediakan satu halaman, tapi kita bisa melihat promo-promo yang lainnya.



Sebagai usul, ada baiknya jika hasil posting halaman Promo yang sudah tidak berlaku sebaiknya dihapuskan saja.

Selanjutnya pada sisi Browser seorang pengunjung juga akan melakukan proses Finding. Pada situasi ini pengunjung dapat mengeksplor isi dari akusukatas . Hanya dengan menggunakan menu SEARCH atau tombol Search kita bisa menjelajah ke semua informasi yang disediakan oleh akusukatas. Sayangnya pada content utama akusukatas belum tersedia menu SEARCH.
Setelah saya bongkar-bongkar, ternyata menu SEARCH baru muncul pada halaman New Arrival . Menu SEARCH pada akusukatas bukan berupa kolom search yang disertai tombol search, tapi lebih kepada membantu pengunjung untuk memilih tas berdasarkan warna, yang dikemas dalam SHOP BY COLOR. Namun, sayangnya pada menu Catalog SHOP BY COLOR kembali tidak muncul.

Seharusnya di halaman CATALOG menu SHOP BY COLOR juga muncul karena semua kategori tas juga muncul di halaman ini.
Menu SHOP BY COLOR nya saya suka, karena pencariannya berdasarkan warna, hal ini tepat sekali karena jika berdasarkan nama belum tentu pengunjung pengetahui semua nama produk dari akusukatas.

Pada Browser pengunjung juga bisa mendapatkan suatu Learning. Di mana ada pengetahuan baru yang bisa diperoleh oleh seorang pengunjung. Sebagai usulan akusukatas, bisa saja memberikan tips-tips perawatan tas pribadi milik pengunjung, terutama tas-tas yang dibeli oleh pengunjung dari akusukatas. Ini bisa jadi nilai plus bagi akusukatas.

Secara keseluruhan halaman Home sudah baik, namun ada sedikit usulan. Ada baiknya pada halaman Home juga terdapat menu List of New Arrival Bags. Bisa ditampilkan dalam bentuk icon, mungkin hanya beberapa icon saja yang ditampilkan untuk mewakili, nanti di bagian lainnya diberi link yang mengarah ke halaman New Arrival. Hal tersebut dapat menarik fokus dari pengunjung saat mereka pertama kali ke akusukatas . Hal tersebut juga mempersingkat kerja dari seorang pengunjung.

Sedikit tambahan untuk pewarnaan font pada menu. Dari contoh di bawah kita tidak bisa membedakan mana yang termasuk ke dalam teks dan mana yang termasuk link, sebelum kita melakukan "mouse hover" terhadap teks tersebut. Hal ini bisa membuat bingung pengunjung dan akan memperpanjang kerja pengunjung karena melakukan "mouse hover" satu per satu untuk mengetahui mana saja yang termasuk link atau bukan.



2. Evaluator

Dari sisi evaluator, diharapkan dapat membantu seorang pengunjung yang akan membeli dengan informasi yang sedetail mungkin, sehingga dapat membantu pengunjung untuk memutuskan barang mana yang akan dibelinya.

Hal tersebut seudah disediakan oleh akusukatas, bisa kita lihat dari tersedianya pengkategorian dari tas yang diproduksi oleh akusukatas. Tas yang diproduksi dikategorikan berdasarkan tipenya, dapat kita lihat pada SHOP BY TYPE. Hasil peng-kategoriannya juga sangat rapih. Bagian atasdisediakan nama-nama tasnya, bagian bawah baru ditampilkan Nama Tas yang disertai warna tas serta harganya. Selain itu hasil daftar tas juga bisa disorting dengan menggunakan Dropdown-List SORT BY.



Bagaimana detail tasnya??

Detail tasnya bisa kita lihat begitu kita mengklik Nama Tas atau Gambar Tas yang terdapat pada kategori tas. Dari detail tas kita bisa mendapat informasi tentang tas itu sendiri ( terbuat dari bahan apa, dimensi tasnya, bentuknya, ketersediaan tasnya, serta harga tasnya).

Selain itu juga sudah disediakan fasilitas untuk mengkonversi nilai mata uangnya. Jadi jika kita klik Dollar maka semua nilai harga yang tertera akan berubah menjadi kurs Dollar. Hal ini ditujukan untuk mempermudah calon pembeli yang bukan berasal dari Indonesia.


Ada point-point yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan oleh akusukatas (ini hanya sekedar masukan atau saran dari penulis), yaitu :
  • Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan juga foto bagian dalam tasnya, jadi kita terbayang juga lapisan dalam tasnya terbuat dari apa? posisi saku di dalam tas seperti apa?
  • Dan kalau bisa ada yang bisa menunjukkan bagaimana "jatohnya" tas kalau sudah dipakai (bisa diperagakan oleh model). Hal tersebut di atas bisa membuat calon pengguna untuk membayangkan, "Oh... Barang yang saya akan beli itu seperti ini ya?" Karena dulu pernah saya liat katalog di akusukatas dan akusukatas sudah menggunakan model untuk membawakan tasnya. Namun kenapa hal ini sudah tidak ada lagi?? Karena menurut penulis, hal tersebut akan sangat membantu calon pembeli untuk lebeih tertarik membeli tas yang diproduksi oleh akusukatas.
  • Penulisan harga juga masih ada kesalahan, karena sepengetahuan penulis untuk penulisan mata uang Rupih, pemisah nilai ribuannya menggunakan tanda titik. Untuk info lengkapnya bisa klik di sini.
  • Untuk lebih membantu calon pembeli bisa juga ditambahkan fasilitas zoom untuk preview foto tas, sehingga calon pembeli bisa melihat detail dari bahan tas secara lebih jelas. Atau kalau tidak bisa juga pergunakan gambar yang beresolusi tinggi.

3. Transactor

Sebagai seorang transactor (orang yang sudah punya uang dan akan membeli), hal yang ingin saya peroleh adalah sebuah keamanan dan kecepatan dalam bertransaksi.

Oiya, sebelumnya saya mau ngasih tahu kalo ada 2 tipe transactor, yaitu :
  • Purchasing, pengguna yang sudah memilih barang dan akan langsung membayar barangnya tersebut.
  • Contiuning, tipe pengguna yang akan memasukkan produk yang dia minati ke dalam "shopping chart", dan baru akan melakukan pembayaran ketika tenggat waktu pembayaran akan habis.
Hal pertama yang saya amati saat saya masuk ke akusukatas, tidak terdapat kemudahan bagi pengguna untuk melakukan proses pembelian terhadap suatu produk. Maksudnya?? Tidak tersedia button Add to Cart pada halaman New Arrival atau Catalog. Padahal halaman-halaman tersebut merupakan halaman yang akan paling sering dikunjungi oleh pembeli, namun pembeli tidak dituntun untuk melakukan proses pembelian. Tombol Add to Cart baru akan muncul setelah kita melihat detail dari tas yang diproduksi oleh akusukatas. Tentu saja ini merupakan satu hal yang harus ditimbang ulang oleh pihak akusukatas. Sebab, ada kalanya calon pembeli pernah berkunjung ke akusukatas sebelumnya, dan ia ingin langsung melakukan transaksi tanpa harus repot-repot melihat detail dari tas yang akan dibelinya.

Tapi sayangnya tombol Add to Cart yang ditampilkan visibility belum tampak, jadi kita tidak tau itu button atau bukan. Sebab yang namanya button, saat kita mouse-hover, warnanya akan berubah (itu yang menandakan bahwa itu adalah button).

Yang saya suka dari akusukatas, tampilan SHOPPING CART-nya akan selalu berada di bawah pergerakan kita terhadap Web Browser. Jadi pembeli akan selalu mengetahui besar nomimal yang sudah mereka peroleh dan tas apa saja yang telah mereka pilih, tanpa harus melihat tampilan SHOPPING CART yang ditampilkan satu halaman web penuh.




Untuk berbelanja di akusukatas pembeli diberi pilihan atau tuntunan apakah ingin menjadi REGISTER ACCOUNT atau hanya ingin menjadi GUEST CHECKOUT, yang hanya sesekali melakukan pembelian. Setelah itu kita akan diminta melakukan pengisian data diri, kemudian cara pengiriman dan pembayaran. Namun sayang peletakan BreadScrum-nya belum sepenuhnya berfungsi karena Masih berupa link saja belum diberi perbedaan mana link yang saat ini sedang terbuka (aktif halamannya).



Pada halaman Checkout Confirmation ada satu bagian yang akan membuat pembeli kebingungan, yaitu karena tiba-tiba munculkolom APPLY COUPON, padahal sebelumnya tidak pernah dibahas mengenai COUPON sama sekali.




Proses pemesanan selesai jika kita telah mengklik button Confirm Order. Dan biasanya calon pembeli akan langsung mendapatkan SMS yang menanyakan Informasi pembelian yang baru saja kita lakukan.

4. Customer

Sebagai pengguna yang telah menjadi customer, saya ingin dilayani dengan baik, ingin mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan pengguna biasa. Sayangnya di akusukatas tidak dijelaskan apa saja keuntungan kita sebagai REGISTER ACCOUNT dibanding sebagai GUEST biasa. Alangkah lebih baik jika kelebihan itu dipaparkan sebagai faktor penarik pengguna menjadi member.

Jika memposisikan diri sebagai pengguna Customer, maka hal lain yang ingin penulis peroleh adalah kemudahan ketika penulis akan kembali bertransaksi di
akusukatas. Berarti hal pertama yang harus pembeli perhatikan adalah apakah pembeli diberi kemudahan dalam melakukan proses Login. Sayangnya, tombol Log In hanya tersedia pada halaman New Arrival, harusnya ketika seorang member yang telah terdaftar maka mereka dapat melakukan proses Login dari halaman mana saja, terutama pada halaman Home, sebab halaman ini adalah jembatan yang langsung menghubungkan member dengan akusukatas. Jadi, sebagai usulan di bawah header selalu disediakan tombol Log In.

Hal penting lainnya selain bisa Log In, seorang member juga diberi kewenangan untuk melakukan proses Edit informasi akun milik member jika semata-mata ada perubahan data member.



Seperti sudah cukup lumayan Review saya kali ini mengenai Usability dari Ciciero Bags a.k.a akusukatas sebagai salah satu situs e-Commerce di Indonesia. Semoga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Review ini dilakukan semata-mata untuk melihat suatu situs e-Commerce dari sisi Interaksinya terhadap seorang pengguna.

Semoga Bermanfaat...



5 comments:

  1. tomorrow i'll be back to give you comments!! :D

    ReplyDelete
  2. sesuai janji saya, saya kembali lagi malem ini :D
    dan waaaaa.... say kurang setuju dengan kalimat 'yang namanya kaum hawa, kalo udah liat yang namanya PROMO pasti jadi makin semangat buat browsing-browsing.' kaum adam juga kalo liat PROMO, langsung gesit pengen cari tau :D

    oh iya, masalah 'searching', menurut saya itu hal yang sangat penting, ada baiknya menu pencarian diadakan disetiap halaman! untuk memudahkan pengunjung mencari tas" yang diinginkan, iya ga?

    terus, pengen deh ada menu 'LOOKBOOK' nya, jadi menu khusus model" yang pake tas itu, jadi kebayang tasnya kalo dipake itu begimana..
    iya kan? :D

    ReplyDelete
  3. waduhhh, saya comentar apa ya...
    tas cewek semua hehehe, coba ada tas cowok, ane bisa pesen juga kan,,, :D

    saya setuju tentang add to chart harus ada di new arrival dan catalog, sebagai user yg pernah melihat2 sebelumnya saya seharusnya bisa langgsung add o chart tanpa melihat detailnya lagi..

    terima kasih infonya.. :D

    *salam blogger

    ReplyDelete
  4. mau komen aaaah...
    Good, karena saya jadi tau seluk beluknya akusukatas, dan sebagai orang awam di interaksi manusia dan komputer, saya jadi sedikit mengerti ulasan tentang usability dari suatu web..

    Setuju juga dengan komen diatas, akan lebih OK lagi kalo ada gallery dimana tas tersebut dipakai oleh para model :)

    ReplyDelete
  5. reviewnya bagus nis. detail. masalah inkonsistensi link, dan detail tas terexpose.
    webnya bagus. gw suka fitur add to chartnya. sangat fungsional (with javascript, without load a page), navigasinya, sama fitur guest checkoutnya nice :D

    ReplyDelete